Image of Peluang Penerapan New Public Management untuk Kabupaten di Indonesia

Text

Peluang Penerapan New Public Management untuk Kabupaten di Indonesia



Menyusul pemberlakuan otonomi daerah dan penerapan good governance di Indonesia, muncul fenomena baru dalam kehidupan birokrasi. Berbagai lembaga pemerintah pun berlomba-lomba ingin menciptakan pelayanan publik yang lebih baik. Untuk itu, mereka bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi agar memperoleh konsep yang tepat yang pada gilirannya dapat diterapkan. Mereka juga mengontrak para ahli kebijakan publik untuk memberikan konsultasi pada mereka. Ilmu kebijakan publik pun menjadi sangat popular.

Pada prinsipnya setiap konsep yang dipakai untuk menciptkan pelayanan publik di Indonesia datang dari negara-negara maju. Konsep itu sudah pernah diuji sebelum diterapkan. Akan tetapi, agar dapat diterapkan di Indonesia tetap saja konsep itu perlu disesuaikan dengan sistem sosial-budaya yang berlaku di Indonesia.

Dalam buku tips ini, penulis mengusulkan New Public Management (NPM), sebuah konsep tentang bagaimana sebuah kabupaten bias memberikan pelayanan administrasi yang dapat lebih baik kepada masyarakat. Konsep ini sudah teruji di Jerman. NPM juga sudah dikaji untuk penerapannya di Indonesia lewat penelitian yang saksama. Karena itu, konsep NPM pantas diadopsi oleh berbagai kabupaten yang ada di Indonesia. Melalui buku ini, rincian dari konsep NPM ini akan dijabarkan.


Ketersediaan

B00083352.14 WIB pMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
352.14 WIB p
Penerbit Gadjah Mada University Press : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
vv, 108 pages : 20 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979420577X
Klasifikasi
352.14
Tipe Isi
text

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this