Image of Audit Sektor Publik: Pemeriksaan Pertanggungjawaban Pemerintahan

Text

Audit Sektor Publik: Pemeriksaan Pertanggungjawaban Pemerintahan



Audit adalah suatu proses sistematik yang secara objektif merupakan penyediaan dan evaluasi bukti-bukti yang berkenaan dengan asersi tentang kegiatan dan kejadian ekonomi guna memastikan derajat atau tingkat hubungan antara asersi tersebut dengan kriteria yang ada serta mengkomunikasikan hasil yang diperoleh tersebut kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Istilah "sektor publik" memiliki pengertian yang bermacam-macam. Hal tersebut merupakan konsekuensi dari luasnya wilayah publik, sehingga setiap disiplin ilmu memiliki cara pandang dan definisi yang berbeda-beda. Dari sudut pandang ekonomi dalam hal ini, sektor publik dapat dipahami sebagai suatu entitas yang aktivitasnya berhubungan dengan usaha untuk menghasilkan barang dan pelayanan publik dalam rangka memenuhi kebutuhan dan hak publik.

Sebagai suatu proses, audit sektor publik berhubungan dengan prinsip dan prosedur akuntansi yang digunakan oleh organisasi sektor publik. Bagi auditor dan pengawas, pemahaman terlebih dahulu sistem akuntansi yang dipakai oleh organisasi sektor publik merupakan hal yang penting. Agar pemeriksaan lebih efisien, efektif, dan ekonomis, organisasi sektor publik juga harus memahami bagaimana mempersiapkan segala sesuatu terkait audit yang akan dilakukan oleh auditor. Untuk itu, audit sektor publik di sini dimaksudkan tidak hanya ditujukan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan, tetapi terfokus juga pada pencapaian kesejahteraan masyarakat.

Beberapa keistimewaan dalam buku "Audit Sektor Publik: Pemeriksaan Pertanggungjawaban Pemerintahan" ini adalah inovasi pedagogik yang terdapat dalam setiap bab antara lain tujuan instruksional umum, tujuan instruksional khusus, deskripsi bab beserta bab sebelum dan sesudahnya; realitas terkait topik, tinjauan bab, kutipan penjelas atau data pendukung dalam paragraf, materi inti, soal esai, soal pilihan ganda dan studi kasus, serta penyajian halaman yang menarik. Selain itu teks dalam buku ini menyajikan banyak kasus, dan masalah analisis pengelolaan organisasi pendidikan dan keuangan yang melibatkan etika atau keahlian diri (personal) untuk meningkatkan keahlian berpikir kritis. Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup lima bagian besar yakni konsep beserta perangkan dari audit sektor publik, kemudian bagian selanjutnya secara berturut-turut adalah menyangkut perencanaan, pelaksanaan, pelaporan audit sektor publik, hingga audit investigasi.


Ketersediaan

B00196352.439 BAS aMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
352.439 BAS a
Penerbit Salemba Empat : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxiv, 340 pages : illustration , 26 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789790614048
Klasifikasi
352.439
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
Edisi 3
Subyek
Info Detil Spesifik
1 CD-ROM
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this