Image of Menyusun Standard Operating Procedure Lembaga Pemerintah: Berbasis Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Text

Menyusun Standard Operating Procedure Lembaga Pemerintah: Berbasis Sistem Pengendalian Intern Pemerintah



Dalam rangka meningkatkan kinerja dan pelayanan, instansi pemerintah wajib mengikuti kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan leh pemerintah pusat. Namun kebijakan-kebijakan pemerintah pusat selalu bersifat umum, sehingga untuk melaksanakannya instansi pemerintah harus mengambangkan Standard Operating Procedurs (SOP). Agar pelaksanaan kebijakan tersebut efektif, efisien, dan taat peraturan, SOP yang dikembangkan harus berbasis SIstem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Buku ini menjelaskan metode pengembangan SOP khusus lembaga pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Secara rinci dan jelas, buku ini akan membahas mengenai pengertian, manfaat, tujuan, dan sasaran SOP; prinsip-prinsip penyusunan, pelaksanaan dan siklus SOP; Sistem Pengendalian Inter Pemerintah (SPIP); penilaian risiko dalam penyusunan SOP; jenis, format, dokumen dan penetapan SOP; langkah-langkah penyusunan SOP; serta contoh penyusunan SOP.

Buku ini terutama ditujukan untuk pejabat yang bekerja di lingkungan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang terkait dengan sistem pengendalian, pelaporan, dan sistem pengendalian pelaksanaan APBN. Meskipun demikian, akademisi bidang pemerintahan juga bisa memanfaatkan buku ini. Buku ini merupakan bagian dari upaya Penerbit PPM untuk mendorong praktik tata kelola pemerintahan yang baik.


Ketersediaan

B00200R 352.357028 SUW mMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
R 352.357028 SUW m
Penerbit Penerbit PPM : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
viii, 186 pages : illustration , 23 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9794423998
Klasifikasi
352.357028
Tipe Isi
text

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this