Image of Negara Salah Urus: Analisis Kontemporer Berperspektif Aktor

Text

Negara Salah Urus: Analisis Kontemporer Berperspektif Aktor



Dalam era otonomi daerah, pemerintah pusat harus lebih proaktif membangun komunikasi dan berkonsultasi dengan daerah untuk memastikan bahwa apa yang diperbuat daerah adalah dalam rangka secara bertahap dan pasti mencapai tujuan pembangunan nasional. Hubungan pusat-daerah di era otonomi daerah ini, dengan demikian, sangatlah penting.

Oleh karena itu, hubungan pusat-daerah tak sekadar dibangun berdasarkan simbolistis-formalistis seperti yang terjadi hingga sekarang ini, yang pada intinya membiarkan daerah “melakukan gambar suka-suka” sesuai dengan kepentingan para pejabat politiknya melainkan harus terpandu secara sistematis. Setiap instansi nasional (struktural, teknis, fungsional) harus secara proaktif mensinerjikan agenda-agenda secara terukur. Tepatnya, pemerintah pusat harus memandu daerah dengan instrumen-instrumen yang terukur dan terarah. Dan ini merupakan bagian dari ciri khas substansial dari konsep ideal kebijakan otda dan desentralisasi dalam kerangka NKRI.

Buku ini merupakan hasil refleksi penulis terkait politik nasional dan daerah serta sosial kemasyarakatan. Tak hanya dapat dibaca oleh para pemerhati politik nasional dan daerah, namun buku ini dapat dibaca juga oleh mereka yang mencita-citakan pemerintahan yang baik, bersih dan tak salah urus.


Ketersediaan

B00212320.9598 IDA nMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
320.9598 IDA n
Penerbit Rajawali Pers : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 210 pages : 23 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789797698041
Klasifikasi
320.9598
Tipe Isi
text

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this