Image of Optimalisasi Pengelolaan Aset Pemda

Text

Optimalisasi Pengelolaan Aset Pemda



Aset memiliki peran yang sangat penting bagi pelaksanaan fungsi pemerintah daerah. Dengan adanya reformasi birokrasi, pemerintah daerah memiliki kewenangan lebih besar dalam mengelola aset tersebut. Sayangnya dalam praktik kita banyak menemukan aset yang tidak dikelola dengan baik, terlantar bahkan hilang. Tidak sedikit pula, pengelola yang terlibat KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme) karena ketidaktahuan tata cara pengelolaanaset pemda yang benar. Pengelolaan aset pemda yang baik juga akan mendukung penyusunan laporan keuangan yang baik yang membawa laporan dengan hasil opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Buku ini membahas metode untuk mengelola aset pemda secara optimal dengan mengikuti siklus pengelolaan seperti perencanaan kebutuhan dan penganggaran , pengamanan dan pemeliharaan, pengadaan dan penerimaan, penilaian dan penghapusan, penyimpanan dan penyaluran, pemindahtanganan, penggunaan, pembinaan, penatausahaan, pengawasan dan pengendalian, pemanfaatan, serta pembiayaan dan tuntutan ganti rugi.

Buku ini merupakan panduan wajib bagi setiap pegawai negeri yang terlibat dengan pengelolaan aset Pemda. Meskipun demikian, kalangan DPRD dan akademisi pemerintahan juga penting untuk mendalami isi buku ini. Diharapkan buku ini menjadi salah satu pendorong praktik tata kelola pemerintahan yang baik.


Ketersediaan

B00218351.14 SUW oMy LibraryTersedia
B00560351.14 SUW oMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
351.14 SUW o
Penerbit Penerbit PPM : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
viii, 496 pages : illustration , 24 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9794423912
Klasifikasi
351.14
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this