Image of Hukum Administrasi Pemerintahan Daerah

Text

Hukum Administrasi Pemerintahan Daerah



Negara Republik Indonesia sudah sedemikian kukuh dan mantap memilih bentuk negara kesatuan daripada bentuk negara federal/serikat. Implikasi dari bentuk Negara kesatuan adalah adanya pemerintahan daerah yang dilaksanakan dengan desentralisasi dan otonomi. Otonomi Daerah diharapkan ‘berbuah manis’ bagi masyarakat di daerah, namun realitas menunjukkan bahw otonomi daerah belum mencapai sasaran sejatinya karena masih dibelit beberapa persoalan negatif dalam implementasinya.
Buku yang berjudul Hukum Administrasi Pemerintahan Daerah ini merupakan kajian normatif sekaligus kajian kritis terhadap problematika implementasi penyelenggaraan pemerintah daerah. Buku ini terdiri dari empat belas bab, yakni: (1) Pendahuluan; (2) Sejarah Hukum Pemerintahan Daerah; (3) Asas-asas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah; (4) Kewenangan atau Urusan Pemerintahan Daerah; (5) Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah; (6) Kepala Daerah & Organisasi Pemerintahan Daerah; (7) Pengisian Jabatan & Pemberhentian Kepala Daerah; (8) DPRD; (9) Peraturan Daerah; (10) Pembentukan & Pemekaran Daerah; (11) Otonomi Khusus & Daerah Istimewa; (12) Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah; (13) Aparatur Sipil Negara & Pelayanan Publik di Daerah; dan (14) Pemerintahan Desa.
Dengan uraian yang cukup komprehensif penulis berharap buku ini layak menjadi referensi utama bagi Dosen dan Mahasiswa Fakultas Hukum & FISIP, FIA, Aparatur Sipil Negara, Politisi, Praktisi Hukum dan masyarakat umumnya yang berminat terhadap persoalan penyelenggaraan pemerintahan daerah.


Ketersediaan

B00386348.598 SIR hMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
348.598 SIR h
Penerbit Setara Press : Malang.,
Deskripsi Fisik
xvi, 388 pages : 15,5 x 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786021642931
Klasifikasi
348.598
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this