Image of Hukum Kerja Outsourcing di Indonesia: Outsourcing Law in Indonesia

Text

Hukum Kerja Outsourcing di Indonesia: Outsourcing Law in Indonesia



Penelitian dan penulisan buku ini dimulai dengan alasan sederhana yakni keinginan agar outsourcing dapat diterima dengan baik oleh seluruh masyarakat di Indonesia, dan menjadi sebuah pilihan bagi pekerja dalam memilih pekerjaan. Selain itu: i) outsourcing merupakan topic hangat dan sensitive sejak lahirnya UU No.13 Tahun 2003 (UU Ketenagakerjaan), karena besarnya pertentangan dan penolakan dari kaum buruh; (ii) outsourcing dibutuhkan diseluruh belahan dunia karena sistem kerjanya yang lebih fleksibel; (iii) sangat sedikitnya penelitian tentang sistem outsourcing di Indonesia. Di era persaingan pasar kerja yang kompetitif dan pesatnya perkembangan IT, Indonesia harus segera mempersiapkan instrument hukum yang bertepat guna sehingga dapat mengimbangi persaingan di dunia internasional agar keberadaan Indonesia dapat dipertimbangkan.
Buku ini terdiri dari 6 Bab. Bab 1 merupakan pendahuluan, menguraikan latar belakang, identifikasi masalah yang menjadikan topik ini penting dan menarik untuk ditulis. Pada bab ini juga diuraikan secara singkat tentang maksud dan tujuan serta metode penelitian yang dilakukan. Bab 2 menguraikan mengenai keseluruhan aturan normatif yang berlaku di Indonesia, dilihat dari beberapa pendekatan, yakni melalui tataran sejarah, sesuai perkembangan, pendekatan perbandingan hukum dan non-doctrinal (empiris).
Bab 3 merupakan perbandingan hukum di empat negara maju yang juga adalah negara yang terdongkrak perekonomiannya dengan sistem kerja outsourcing. Bab 4 menguraikan outsourcing di Indonesia dalam praktiknya pascaputusan MK No. 27/PUU-IX/2011 yang merupakan hasil penelitian lapangan yang dilakukan melalui wawancara.
Adapun Bab 5 berisikan analisis atau kajian, baik sebelum maupun setelah putusan MK No. 27/PUU-IX/2011. Bab 6 Merupakan bab penutup yang memuat kesimpulan dan merangkum hasil-hasil penelitian serta mengajukan saran-saran sebagai implikasi teoritis maupun praktis penelitian ini.


Ketersediaan

B00396344.01010598 FAR hMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
344.01010598 FAR h
Penerbit Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press) : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxvi, 603 pages : 16 x 24,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789794566992
Klasifikasi
344.01010598
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this