Image of Politik Desentralisasi di Indonesia: Edisi Revisi yang Diperluas

Text

Politik Desentralisasi di Indonesia: Edisi Revisi yang Diperluas



Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang berhasil melakukan dua perubahan besar sekaligus yakni demokratisasi dan desentralisasi. Setelah lepas dari sistem pemerintahan sentralistik represif pada era Orde Baru, Indonesia saat ini menjadi negara demokrasi terbesar ketiga setelah India dan Amerika Serikat, meskipun demokrasi-nya baru sampai tahap prosedural belum mencapai tahap substansial.

Dalam bidang desentralisasi, Indonesia merupakan salah satu dari empat negara mitra Bank Dunia yang melakukan "dentuman besar desentralisasi" (Big Bang Decentralization). Bahkan apabila dilihat dari urusan pemerintahan yang ditransfer maupun dana perimbangan yang diberikan kepada daerah, Indonesia sebenarnya menjalankan desentralisasi terbesar di dunia.

Bentuk demokrasi dan desentralisasi masih terus mengalami penyempurnaan sesuai dinamika kehidupan masyarakatnya. Sebagai dampak revolusi teknologi informatika dan komunikasi, saat ini dunia sedang memasukkan era demokrasi dunia maya (cyberdemocracy), yang akan dikuti dengan desentralisasi dunia maya (cyberdecentralization). Munculnya model petisi online melalui internet pada saatnya akan mendorong munculnya cyber parliament melengkapi parlemen resmi maupun parlemen jalanan.


Ketersediaan

B00458320.01 WAS pMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
320.01 WAS p
Penerbit IPDN Press : Sumedang.,
Deskripsi Fisik
xiv, 542 pages : 16,5 x 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786026103406
Klasifikasi
320.01
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
Edisi Revisi yang Diperluas
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this