Text
Badan Layanan Umum: dari Birokrasi Menuju Korporasi
Popularitas institusi penyelenggara layanan publik yang berbentuk BLU/D masih kalah jauh dari BUMN/D. Bahkan dibandingkan dengan kelembagaan yang berbentuk BHMN seperti Perguruan Tinggi ataupun BPJS, pamor BLU/D masih kalah mentereng. BLU/D merupakan sebuah bentuk institusi penyelenggara layanan publik yang berkarakter khusus dengan adanya diskresi, fleksibilitas, dan otonomi tata kelola dalam penyediaan layanan publik. Konsep yang dinikmati oleh BLU/D tersebut merupakan imbas dari pengenalan mengenai reformasi sektor publik yang bersumber dari Inggris pada tahun 1980-an hingga menghantam benua Amerika, Asia, dan Afrika di awal tahun 2000-an. Reformasi muncul seiring dengan munculnya paradigma baru Manajemen Publik Baru (New Public Management/NPM) yang menggantikan paradigma Administrasi Publik lama, yang ditengarai belum mampu mengatasi penyakit akut yang menghinggapi organisasi publik, seperti tidak efisiennya penyelenggaraan layanan publik, tambunnya aparatur pemerintah, kinerja yang tidak jelas, bahkan pengabaian terhadap suara dan kebutuhan konsumen. Transformasi institusi publik dalam paradigma NPM didesain ulang ke dalam bentuk agencification dengan menekankan pada kebebasan/otonomi manajerial dan tata kelola sebagaimana institusi korporasi/bisnis.
B00155 | 352.4 LUK b | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain