Text
Kasus-kasus Manajemen Perusahaan Indonesia Seri 2
Sudah menjadi keyakinan yang jamak, bahwa pembelajaran yang efektif tidak dapat hanya dilakukan dengan metode klasikal atau perkuliahan yang menempatkan mahasiswa sebagai objek pasif yang harus mencerna informasi apapun yang diberikan oleh pengajar. Melainkan, dibutuhkan metode pembelajaran yang terpusat pada siswa (student-centered learning) yang mendorong mahasiswa untuk berperan sebagai pembelajar aktif dalam mengeksplorasi topik studi. Tidak terkecuali dalam konteks pendidikan manajemen, supaya mahasiswa dapat mempelajari ilmu manajemen dengan lebih efektif diperlukan sarana penunjang sebagai “laboratorium” sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan mengenai konsep-konsep manajemen bisnis dan merefleksikannya, supaya mahasiswa dapat memahami apa yang dipelajari dengan lebih matang dan mendalam. Berbeda dengan ilmu sains, “laboratorium” untuk ilmu manajemen bisnis tidak mudah dan murah untuk didapatkan, seperti kegiatan magang (internship), coaching atau mentoring dari para praktisi bisnis juga menjadi kegiatan alternatif. Salah satu metode yang diperkenalkan oleh Harvard Business School pada dekade pertama Abad ke-20 adalah dengan membawa kasus dan pengalaman manajerial bisnis nyata ke dalam kelas melalui paparan kasus-kasus bisnis sehingga pengetahuan yang akan di dapat oleh mahasiswa tidak terbatas pada konteks tertentu seperti halnya pada kegiatan magang (internship).
Di dalam buku ini, terdapat sembilan kasus yang merupakan kontribusi para Staf Pengajar MM FEB UGM yang disajikan dengan fokus utama mengenai model bisnis di Indonesia dengan cakupan yang beragam. Kasus-kasus tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran dan diskusi di dalam kelas, sehingga memungkinkan pencapaian kompetensi pemecahan masalah dan pembuatan keputusan dalam pembelajaran ilmu manajemen bisnis.
B00409 | 658.02598 HAN k | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain