Text
Media Relations: Konsep, Pendekatan, dan Praktik
Public Relations (PR) pada dasarnya bertumpu pada komunikasi dan relasi. Melalui PR, organisasi berkomunikasi dan menjalin relasi dengan publik-publiknya. Dalam menjalin komunikasi dan relasi dengan publik-publiknya, organisasi memerlukan media massa. Karena itu, media relations menjadi bidang penting dalam dunia PR.
Ada dua sisi yang hendak dijangkau melalui media relations. Pertama, menjalin hubungan baik dan berkomunikasi dengan media massa. Kedua, menjadikan media massa sebagai mitra agar organisasi bisa berkomunikasi dengan publik-publiknya. Itu sebabnya, media relations menjadi sangat strategis bagi organisasi. Apalagi, dalam berkomunikasi dan menjalin relasi itu, organisasi menggunakan media massa untuk menjaga reputasinya.
Oleh sebab itu, penting sekali bagi (calon) praktisi PR untuk memahami seluk-beluk dunia media massa. Untuk bisa memahami media massa itu, mereka perlu memahami mediascape Indonesia mutakhir. Karena dunia media massa Indonesia mengalami perubahan mendasar sejak reformasi bergulir di bumi pertiwi. Ditambah lagi dengan munculnya media baru, khususnya yang memanfaatkan internet, yang memungkinkan juga munculnya praktik e-public relations atau cyber-public relations.
Buku ini membahas konsep-konsep dasar PR yang perlu dipahami dalam upaya menjalin hubungan yang baik dengan media massa. Selain itu dibahas pula beberapa pendekatan yang lazim dilakukan dalam media relations, serta sisi-sisi praktis media relations. Dalam buku ini ditunjukkan beberapa contoh praktis kegiatan media relations, termasuk contoh media relations dalam situasi krisis. Karena itu, buku ini penting dibaca oleh para mahasiswa PR, lulusan program studi PR yang hendak berkecimpung dalam dunia PR, konsultan PR, dan para peminat PR.
B00525 | 659.2 IRI m | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain