Text
Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Indonesia: Edisi 1
Reformasi birokrasi sebagai amanat gerakan reformasi juga sekaligus sebagai harapan masyarakat untuk mewujudkan pemerintahan yang profesional dan berintegritas tinggi, untuk menyelenggarakan pelayanan prima kepada masyarakat dan manajemen pemerintahan yang demokratis agar mampu menghadapi tantangan pada abad ke-21 melalui tata pemerintahan yang baik pada 2025.
Dalam pelaksanaan program reformasi birokrasi ternyata kurang mencapai sasaran-sasaran jangka menengah (periode 2010-2014) untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan akuntabilitas kinerja pemerintah. Hal tersebut menjadi permasalahan yang harus diselesaikan, yaitu bagaimana meningkatkan akselerasi dan efektifitas pelaksanaan reformasi birokrasi.
Faktor yang menghambat percepatan dan efektifitas implementasi reformasi birokrasi yang paling menonjol adalah penerapan strategi implementasi top down yang menyeragamkan kebijakan, dan pelaksanaan program-program reformasi birokrasi, yang dilakukan tanpa menganalisis dan mempertimbangkan tugas dan fungsi (core business) serta karakteristik dan masalah governance yang spesifik dari masing-masing instansi (one size fits all).
Kajian ini mengusulkan alternatif kebijakan untuk meningkatkan akselerasi dan efektifitas implementasi kebijakan reformasi birokrasi, sekaligus menjadi rekomendasi kebijakan percepatan reformasi birokrasi. Kemudian dalam strategi implementasi reformasi birokrasi perlu dilakukan sesuai dengan tugas dan fungsi (core business) serta karakteristik dan masalah governance yang spesifik dari setiap instansi.
B00639 | 351.598 DWI p | My Library | Tersedia |
B00638 | 351.598 DWI p | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain