Komunikasi adalah ilmu dan sekaligus seni. Sebagai seni, komunikasi menuntut keahlian dan kecerdasan dalam merancang, mengemas dan menyampaikan pesan secara bernas dan cerdas. Para profesional komu…
Public Relations (PR) pada dasarnya bertumpu pada komunikasi dan relasi. Melalui PR, organisasi berkomunikasi dan menjalin relasi dengan publik-publiknya. Dalam menjalin komunikasi dan relasi denga…
Buku ini berisi penelaahan perkembangan (state of the art) dari Political Public Relations dilihat dari kajian akademis. Dalam bab pertama dibahas Political Public Relations serta isu-isu yang seri…
Pusat Perencanaan kegiatan Pubic Relations (PR) menurut Smith (2003:61) berfokus pada public kunci karena mereka merupakan pihak yang mempengaruhi keberhasilan organisasi, bahkan kelangsungan hidup…
Buku ini memfokuskan kepada pembahasan teknik-teknik menulis dan jenis-jenis produk tulisan sebagai media public relations dan publisitas. Tujuannya agar bisa digunakan sebagai sarana publisitas me…
Kehadiran public relations atau hubungan masyarakat (humas) di Indonesia sudah dimulai sejak tahun 1950-an. Namun pemahaman masyarakat terhadap profesi humas belum sepenuhnya benar. Persepsi masyar…